Friday 25 August 2017

Jodohmu Berbaik Sangkalah Pada Allah (Bagian 2)

Bertemu Jodoh Lewat Mimpi


Ada seorang anak muda di Yaman, ia terlahir dalam keadaan buta. Sejak kecil ia tidak bersekolah dan tinggal di rumah. Orang tuanya memanggil guru ngaji kerumah kemudian ia menjadi seorang penghapal Al-Qur'an.

Menginjak usia 25 tahun timbul keinginannya untuk menikah. Namun setiap ia mengutarakan keinginannya tersebut ayahnya selalu saja berkata "Kamu itu buta nak, kamu juga tidak punya pekerjaan, siapa yang mau menikah denganmu ?". "Nanti saja kalau ada orang yang iba baru kamu saya nikahkan".

Dia merasa sangat terpukul atas jawaban ayahnya tersebut. Namun ia tidak putus asa dan terus berdo'a memohon kepada Allah. Begini kira-kira do'a yang ia ucapkan "Ya Allah, karuniakan saya istri yang paling cantik, paling pintar, paling kaya di Yaman."

Dihari ke 30 ia berdo'a, pemuda itu bermimpi didatangi seseorang yang berkata "Hai anak muda jodohmu bernama fulana binti fulana, ayahnya bernama fulan bin fulan (tokoh masyarakat) tinggal dikota sebelah, besok lamarlah ia". Pemuda tersebut bangun dan kaget kemudian ia salat tahajud dan memohon petunjuk  kepada Allah.

Selepas salat subuh pemuda tersebut bertanya pada ayahnya "Wahai ayah, apakah ada kota yang bernama (seperti yang disebutkan dalam mimpi) ?". "Ada" jawab ayahnya. "Apakah di kota tersebut ada seorang perempuan bernama fulana binti fulana, anaknya fulan bin fulan seorang tokoh masyarakat ?". "Ada.. kenapa engkau bertanya hal itu?" tanya ayahnya. "Lamarkan dia untuk saya ayah" seru pemuda itu. Ayahnya heran dan berkata "apa kau sadar apa yang kau ucapkan nak ?, mereka itu tokoh masyarakat yang sangat terkenal."

"Tadi malam saya bermimpi, saya diberitahu bahwa perempuan itu adalah jodoh saya dan saya harus melamarnya hari ini. Dari mana saya tahu nama kota tersebut, dan dari mana saya tahu nama perempuan dan nama ayahnya tersebut, bukankah ayah tidak pernah menceritakannya pada saya ?". Ayahnyapun terdiam, "baiklah jika memang itu maumu, pagi ini kita kerumahnya dengan mempertaruhkan nama keluarga kita."

Akhirnya merekapun pergi kerumah perempuan tersebut. Sesampainya disana merekapun diterima dan dipersilakan untuk mengutarakan maksud kedatanganya. "Begini pak ,..." kata ayah pemuda tersebut. "Anak saya ini buta dan tidak besekolah namun ia seorang yang hafal Al-Qur'an (diceritakanlah segala kebaikan pemuda itu). Tadi malam anak saya bermimpi, didalam mimpinya itu anak saya disuruh untuk melamar anak bapa". Tanpa disangka ayah permpuan tersebut langsung menerima lamaran pemuda itu, "Kenapa anda langsung menerima lamaran anak saya ?" tanya ayah pemuda itu heran.

"Karena tadi malam sayapun bermimpi, bahwa hari ini akan datang jodoh anak saya yang ciri-cirinya sesuai dengan anak bapak". "tapi, itu tergantung keputusan putri saya. Karena setiap lelaki yang datang melamar selalu saja ia tolak". Kemudia ia mendtangi putrinya dan menceritakan semua kejadian tadi.

Dan apa coba jawaban perempuan itu ? "terima ia wahai ayah, nikahkan aku denganya". Ayahnya perempuan itu heran "Kenapa engkau langsung menerimanya ? apa kau sudah pernah melihatnya?". "Tidak ayah, tadi malam sayapun bermimpi bahwa hari ini akan datang jodoh saya yang ciri-cirinya, namanya sesuai dengan pemuda tersebut".

Selang beberapa waktu kemudian merekapun menikah, dan kisah mereka sangat menghebohkan negeri Yaman. Pemuda buta tersebutpu menikah dengan perempuan paling cantik, paling pintar dan paling kaya di Yaman. Itulah cara Allah mempertemukan jodoh, semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua untuk terus berdo'a agar dipertemukan dengan jodoh terbaik menurut Allah SWT.


Sumber : Ceramah Ustadz Khalid Basalamah


0 comments:

Post a Comment